Profile Kota Cimahi

Sekretariat

Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris Dinas yang dalam membantu Kepala Dinas memiliki tugas pokok memimpin, merencanakan, mengatur, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan operasional administrasi umum, keuangan serta pengelolaan perencanaan, evaluasi dan pelaporan. Jadi fungsi manajemen diperankan semuanya oleh Sekretaris Dinas dalam mengelola kegiatan operasional administrasi umum, keuangan dan pengelolaan perencanaan, serta evaluasi dan pelaporan.

Dalam pelaksanaan tugas pokok pada bidang kesekretariatan, Sekretariat memiliki fungsi-fungsi yang meliputi: pertama, merencanakan operasional urusan umum, keuangan, serta perencanaan, evaluasi dan pelaporan; kedua, pengelolaan urusan umum, keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan; ketiga, pengkoordinasian urusan umum, keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan Diskopindagtan; keempat, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan urusan umum dan kepegawaian, keuangan serta perencanaan, evaluasi dan pelaporan; dan kelima, melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Berdasarkan fungsi-fungsi tersebut maka Sekretariat dibagi kedalam beberapa unit kerja dalam rangka pendelegasian fungsi dan pekerjaan yang lebih spesifik. Untuk diketahui bahwa Sekretariat memiliki unit kerja sebagai berikut:

  1. Sub Bagian Program dan Pelaporan;
  2. Sub Bagian Keuangan
  3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Unit kerja atau struktur di atas, masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian. Untuk Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan tugas pokok yang diembannya adalah merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan, membagi tugas dan konsultasi urusan perencanaan, evaluasi dan pelaporan yang meliputi penghimpunan rencana program/kegiatan, mengevaluasi dan menyusun laporan dari masing-masing bidang pada Diskopindagtan. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Sub Bagian Program dan Pelaporan mempunyai fungsi, pertama, merencanakan kegiatan perencanaan, evaluasi dan pelaporan pada Diskopindagtan; kedua, melaksanakan perencanaan, evaluasi dan pelaporan yang meliputi penghimpunan rencana program/kegiatan, mengevaluasi dari masing-masing bidang pada lingkup Diskopindagtan; ketiga, melaksanakan pembagian tugas dan konsultasi urusan perencanaan, evaluasi dan pelaporan yang meliputi penghimpunan rencana program/kegiatan; keempat, mengevaluasi dan laporan dari masing-masing bidang pada lingkup dinas;  dan kelima, melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Selanjutnya untuk Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, tugas pokok yang diemban adalah merencanakan, mengkoordinasikan, melaksanakan, dan mengawasi urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan dan keperluan tulis, ruang perkantoran dalam lingkup Diskopindagtan. Tugas pokok tersebut kemudian dijabarkan kedalam beberapa fungsi yang meliputi pertama, merencanakan kegiatan urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan, keperluan tulis, dan  ruang perkantoran; kedua, melaksanakan urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan dan keperluan tulis, dan ruang perkantoran; ketiga, melaksanakan pembagian tugas dan mengontrol urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan dan keperluan tulis, dan ruang perkantoran; dan keempat, melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sementara Kepala Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan memiliki tugas pokok merencanakan, mengkoordinasikan, melaksanakan dan mengawasi urusan administrasi keuangan di lingkup Diskopindagtan. Tugas pokok tersebut dioperasionalkan ke dalam beberapa fungsi, yakni: pertama, merencanakan kegiatan administrasi keuangan pada Diskopindagtan; kedua, melaksanakan administrasi keuangan pada Diskopindagtan; ketiga, melaksanakan pembagian tugas administrasi dan mengontrol keuangan pada Diskopindagtan dan keempat, melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.