Article Meningkatnya Ketertarikan Pemuda Dalam Membudidayakan Ikan Lele Sangkuriang Dalam Terpal

2014-06-30 11:31:28 WIB by Dirikudirika

Ketertarikan Siswa dan Siswi Kota Cimahi terhadap kegiatan wirausaha semakin meningkat. Ada berbagai kegiatan yang diupayakan oleh pihak sekolah untuk mengenalkan berbagai kegiatan produktif kepada siswa dan siswinya, mulai dengan mengasah keterampilan dan hobi sampai dengan mengunjungi para pelaku usaha yang berhasil di Kota Cimahi, seperti ke Bandrek Hanjuang, Lembur Batik Cimahi dan lain sebagainya. Salah satu Institusi Pendidikan yang mengenalkan kegiatan kewirausahaan  adalah  Asih Putra yang mengenalkan budidaya perikanan kepada siswa dan siswinya dengan mengunjungi Balai Benih Ikan Air Tawar Kota Cimahi. UPT Balai Benih Ikan Air Tawar dan Pusat Kesehatan Hewan Kota Cimahi merupakan salah satu UPT yang ditetapkan oleh Walikota Cimahi dalam Peraturan Walikota No. 3 tahun 2013 dan di revisi dalam Peraturan Walikota No. 3 tahun 2014.

Dalam kunjungan tersebut, Para siswa diberikan prosedur dasar dalam pemeliharaan ikan air tawar di dalam Kolam baik itu kolam tanah, kolam fiber maupun kolam terpal. Para siswa juga diajarkan jenis-jenis teknik pemijahan yang bisa dilakukan terhadap Lele Sangkuriang, mulai dengan cara alami, cara semi alami dengan menyuntikan obat kepada Lele Sangkuriang, sampai dengan memberikan contoh teknik “Stripping” dengan mengambil sel dari tubuh Lele.

Dari kegiatan yang hanya berlangsung sehari ini, dapat diketahui bahwa Siswa dan Siswi tersebut sangat tertarik untuk membuat project sejenis di rumah maupun disekolahnya melalui teknik budidaya ikan lele dengan kolam terpal karena dipandang modal yang diperlukan tidak sebanyak modal yang diperlukan untuk membuat kolam tanah atau membeli kolam fiber. Dan analisa usahanya pun menguntungkan, jika dilakukan sesuai dengan prosedur.

Kegiatan ini hanya merupakan silaturahmi awal antara UPT Balai Benih Ikan Air Tawar dan Pusat Kesehatan Hewan Kota Cimahi dengan Yayasan Asih Putra untuk menjalin kerjasama dalam mengembangkan potensi perikanan di Kota Cimahi dengan membuat program pendampingan kepada Siswa/Siswi yang berminat melakukan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang. Diharapkan dengan kerjasama ini, dapat menjadi pilot project untuk sekolah lain serta dengan bertahap meningkatkan produktivitas warga Kota Cimahi dalam menambah penghasilannya dengan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang ataupun dengan Budidaya Ikan Air Tawar lainnya.

Jika ada masyarakat yang ingin mempelajari tentang budidaya Ikan Lele Sangkuriang ataupun ikan air tawar lainnya, dapat dengan mudah mempelajarinya melalui artikel yang ada di internet, namun jika ingin melakukan praktek dan menyamakan antara materi dengan praktek dapat mengunjungi Balai Benih Ikan Air Tawar Kota Cimahi di Komplek Nata Endah, Jl. Cihanjuang Cimahi (Sebelah SD Cibabat Mandiri 1). Dapat menghubungi Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi atau  dapat menghubungi langsung Sekretariat UPT Balai Benih Ikan Air Tawar dan Pusat Kesehatan Hewan Kota Cimahi, di Komplek Nataendah RT.02/02, Cibabat, Cimahi. Telp. (022) 70880018. Atau melalui email (facebook) : bbiat.keswan.cimahi@gmail.com, atau twitter : @BBIATKESWAN_CMH.